LAPORAN
KEGIATAN OBSERVASI DI 3 SMKN KOTA
MALANG
(SMKN 4 MALANG, SMKN 8 MALANG, SMK PGRI
3 MALANG).
Di
susun oleh :
1.
IRMA
DYAH ALFIANTI (01)
2.
IRMA
NUR HIDAYAH (02)
3.
M.
DJALER ARJRA ZHAKRAL (23)
4.
NOVAL
MAULANA RAHMADI (31)
Assalamualaikum wr.wb.
Segala puji bagi Allah. Semoga
rahmat tercurahkan pada kita semua sebagai hamba –
hamba nya yang bertaqwa.
Penyusunan laporan observasi ini
berisi tentang pengamatan disetiap sekolah terutama di
SMKN 4 MALANG , SMKN 8 MALANG , dan SMK PGRI 3
MALANG . karena kita telah
diberi amanah untuk mengamati sekolah
tersebut.
Penyusunan ini tentunya tidak lepas
dari bantuan dan dukungan berbagai pihak. Oleh
karena itu dalam kesempatan ini, penulis
mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar besar
nya kepada Bapak Ricky Setya Prayoga, S.Pd ,
selaku wali kelas X-TKJ3 , selanjutnya ucapan
terima kasih kepada sekolah yang telah
bersedia kami kunjungi dan kedua orang tua penulisan
yang telah memberikan dukungan secara
finansial dan moral selama penulisan laporan
observasi.
Tak
lupa teman – teman yang memberikan semangat, inspirasi , dan motivasi serta
semua
pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu
persatu. Penulis menyadari bahwa laporan
observasi
ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu dengan segala kekurangan dan
keterbatasan
yang ada , penulis mengharapkan saran serta kritik yang membangun untuk
perbaikan
dan bekal penulis diwaktu mendatang.
Wassalamualaikum wr.wb.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar……………………………………………………………………………….2
Daftar
isi……………………………………………………………………………………...3
Bab I
Pendahuluan…………………………………………………………………………..4
1.1
Latar Belakang…………………………………………………………………………..4
1.2
Tujuan
Kunjungan………………………………………………………………………5
1.3
Manfaat Kunjungan……………………………………………………………………..6
1.4
Lokasi
kunjungan……………………………………………………………………….6
Bab II
Pembahasan………………………………………………………………………….7
Bab III
Penutup……………………………………………………………………………..13
1.5
Simpulan…………………………………………………………………………………13
1.6
Saran……………………………………………………………………………………..13
BAB
I
PENDAHULUAN
Dalam
bab pendahuluan ini, penulis akan menguraikan tentang (1) latar belakang
masalah (2) tujuan kunjungan (3) manfaat kunjungan,
serta (4) lokasi kunjungan.
1.1 Latar Belakang
Pemerintah
menciptakan kebijaksanaan dalam pendidikan sebagai sarana pengembangan bangsa,
meliputi kemanusiaan dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas.
Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan bangsa dan negara di masa yang akan
datang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan segenap potensi yang dimiliki
siswa sehingga benar-benar selaras dengan program pembangunan nasional dalam
rangka mencapai tujuan nasional. Pendidikan nasional akan ditingkatkan menuju
pengembangan kualitas dan kesepadanan kompetensi dasar dan kejuruan dalam
rangka mewujudkan tujuan pembangunan di bidang pendidikan sekaligus
mengantisipasi ketidakmampuan menjawab tantangan zaman.
Sebagai
salah satu wahana yang dijadikan penyiap tenaga terampil adalah Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lembaga pendidikan
yang mencetak tenaga terampil untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia
kerja dengan pemenuhan kompetensi diberbagai pengembangan. Dalam hal ini Karier
menjadi orientasi utama sebagian besar siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Untuk
merencanakan kehidupan karier lebih baik, diperlukan suatu bimbingan yang
memberikan bekal cukup kepada siswa. Bimbingan karier sebagai jembatan bagi
siswa dalam mengetahui informasi karier yang ingin ditekuni oleh siswa agar
siswa mandiri dalam memilih karier yang sesuai dengan kondisi diri siswa. Hal
ini penting, mengingat kehidupan karier merupakan kehidupan yang akan dijalani
siswa setelah lulus. Agar masa depan karier yang akan dijalani memberikan hasil
yang memuaskan.
Menurut
Suharsimi Arikunto (1998:55) bahwa melalui bimbingan karier di SMK diharapkan
siswa mampu untuk memahami dirinya, tingkat kemampuannya serta mampu mengetahui
gambaran yang lengkap tentang karakteristik kariernya. Dengan adanya bimbingan
karier disekolah, diharapkan dapat menumbuhkan profsionalisme dalam menghadapi
dunia kerja dan kemandirian siswa dalam memilih karier yang akan dijalaninya
nanti berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Menurut Prayitno, (1997:45) hakekat
bimbingan karier kejuruan pada kurikulum SMK memberi tekanan utama pada
penyiapan siswa untuk berkarier dan memasuki dunia kerja, disamping tidak
menutup kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Begitu
pentingnya bimbingan karier di Sekolah Menengah Kejuruan dalam menciptakan kemandirian
siswa dalam memilih karier dan berkarier, serta dapat memberikan gambaran dan
harapan yang akan dicapai oleh siswa dimasa yang akan datang didunia kariernya,
sehingga diharapkan lulusan SMK yang siap kerja dan memiliki sikap kemandirian
dapat diandalkan mampu untuk menghadapi persaingan era globalisasi dan
tantangan masa depan karier. Dengan kondisi yang demikianlah diharapkan
pelaksanaan Bimbingan Karier di SMK dapat terus terlaksana dan semakin
ditingkatkan dari tahun ajaran ketahun ajaran, agar dapat berfungasi secara
efektif dan efisien.
Berdasarkan
keterangan diatas terlihat bahwa upaya pemberian bimbingan karier disekolah
sangat penting sehingga dengan alasan inilah, peneliti melakukan beberapa
penelitian atau obervasi kebeberapa SMK guna mengetahui pelaksanaan bimbingan
karier.
1.2 Tujuan Kunjungan.
1. Untuk
mengetahui bagaimana pola pelaksanaan bimbingan karier di beberapa SMK yang
telah diteliti
2. Untuk
mengetahui materi apa saja yang diberikan, metode apa yang digunakan serta
kapan waktu pelaksanaan bimbingan karier di beberapa SMK yang telah diteliti
3. Untuk
mengetahui besarnya pengaruh bimbingan karier terhadap persiapan diri siswa
dalam memasuki dunia kerja, disamping tidak menutup kemungkinan untuk
melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
4. Untuk
mengetahui perbandingan pemberian dan pelaksanaan bimbingan karier di SMK dengan teori karier menurut beberapa tokoh
5. Untuk
mengetahui masalah-masalah apa saja yang timbul dalam pemberian dan pelaksanaan
bimbingan karier di beberapa SMK yang telah diteliti
1.3 Manfaat Kunjungan
Manfaat
dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Manfaat
Praktis
• Bagi sekolah yang bersangkutan, agar dipakai
sebagai umpan balik (feed back) atas pelaksanaan bimbingan karier saat ini dan
dapat lebih tertarik untuk memanfaatkan bimbingan karier yang diberikan secara
optimal.
•
Bagi sekolah yang belum melaksanakan,
akan tertarik untuk menyelenggarakan bimbingan karier tersebut.
2. Manfaat
Teoritis
• Bagi peneliti dapat digunakan sebagai bahan
referensi dalam melakukan penelitian-penelitian selanjutnya.
1.4 Lokasi Kunjungan
A. SMKN
4 MALANG
SMK Negeri 4 Malang adalah Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri yang ada di Malang yang beralamat di Jl. Tanimbar 22
Malang.
B. SMKN
8 MALANG
Sekolah tersebut beralamat di Jl.
Teluk Pacitan Arjosari Blimbing
C. SMKN
PGRI 03 MALANG
Sekolah ini beralamat di Jl. Raya
Tlogomas IX/09 Malang.
BAB
II
PEMBAHASAN
SMK Negeri 4 Malang adalah Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri yang ada di Malang yang beralamat di Jl. Tanimbar 22 Malang.
Sekolah ini mempunyai 6 jurusan, yaitu Produksi Grafika, Persiapan Grafika,
Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Animasi, dan TKJ. Jumlah siswa di sekolah
ini sekitar 3300 siswa dengan rincian setiap tingkatan kelas terdiri dari 1100
siswa.
Adapun progam keahlian yang
dimiliki SMK Negeri 4 Malang ini , yaitu :
Ø Persiapan
Grafika
Program Keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi terampil di
bidang desain dan proses persiapan reproduksi Grafika (media cetak). Siswa
dibekali kemampuan dasar seni dan desain, penguasaan software desain grafis
penguasaan setting dan tata letak media, penguasaan proses foto reproduksi.
Ø Produksi
Grafika
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi terampil di
bidang teknik produksi grafika (percetakan) mencakup penguasaan berbagai jenis
mesin dalam industri percetakan. Siswa dibekali ketrampilan berbagai teknik
cetak (offset, sablon,tinggi/khusus) pemahaman cara kerja mesin,praktik
operasional mesin, perawatan dan pemeliharaan mesin, teknik jilid kemas, dan
kalkulasi biaya produksi.
Ø Multimedia
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi terampil di
bidang desain dan penguasaan teknologi infor masi multimedia. Siswa dibekali
kemampuan dasar seni dan desain,penguasaan software deasin grafis dan
multimedia (2D dan 3D),desain web, dan media interaktif, fotografi, editing
audiovisual.
Ø Rekayasa
Perangkat Lunak
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga
terampil di bidang pemograman software. Siswa di bekali kemampuan dasar
instalasi hardware dan software komputer, penguasaan bahasa pemograman(Java,
Delphi, Pascal, C++, Basic, PHP dsb), dan pengolahan data base(Microsoft Acces,
MySQL, dsb).
Ø Animasi
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga
terampil di bidang produksi animasi. Siswa dibekali kemampuan seni dan desain,
kemampuan menggambar manual/digital, penguasaan software aniamsi, penguasaan
teknik animasi 2D dan 3D, dan spesial efek, fotografi,sinematografi, dan
produksi film animasi.
Ø Teknik
Komputer dan Jaringan
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga
profesional di bidang perangkat keras komputer dan jaringan. Kemampuan yang
dimiliki siswa dalam program keahlian ini meliputi elektronika digital dasar,
instalasi sistem operasi berbasis GUI dan Text (Open Source dan Propietary),
Setting LAN, WAN, Serta merancang berbagai jenis Server.
SMK NEGERI 8 MALANG Terletak di
lokasi strategis, di antara perumahan elit kota Araya dan kampus teknologi
ternama PPPPTK/VEDC. SMKN 8 Malang hadir memberi kesejukan di tengah hausnya
masyarakat Kota Malang akan pendidikan vokasi yang berkualitas.
Berdiri pada tahun 2005 dan ketika itu masih menempati kampus VEDC, sebelumnya hanya memiliki 2
kompetensi keahlian unggulan yaitu Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan teknik
Mekatronika (satu-satunya di Malang Raya). Pada tahun ajaran 2013/2014, telah
dibuka satu kompetensi keahlian lagi yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), yang
semakin menguatkan sekolah ini menjadi salah satu smk bidang teknik terkemuka
di Kota Malang. Lulusan SMKN 8 Malang dibekali dengan sertifikasi dari CISCO
Academy (USA) untuk kompetensi keahlian TKJ, FESTO DIDACTIC (Jerman) untuk
kompetensi keahlian teknik Mekatronika, dan JENI (Pemrograman Java) untuk
kompetensi keahlian RPL. Selain itu, juga diberikan sertifikasi kewirausahaan,
TOEFL, dan untuk semua kompetensi. Sertifikasi ini sangat berguna untuk menguatkan
kompetensi lulusan dalam dunia kerja maupun dalam pendidikan tinggi.
Adapun
progam keahlian yang dimiliki SMK Negeri 8 Malang ini , yaitu :
Ø
TKJ
Adalah singkatan dari Teknik Komputer Jaringan.TKJ merupakan
sebuah kejurusan yang mempelajari tentang cara-cara merakit komputer dan
menginstalasi program komputer.Kejurusan ini hanya ada di STM/SMK.Program
keahlian TKJ berbeda dengan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak).RPL adalah jurusan
yang mempalajari tentang program-program yang ada di komputer dan jika kita
mengambil jurusan ini kita akan menjadi seorang programmer.
Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal
kemauan untuk belajar dan belajar. banyak siswa yang awalnya tidak tahu apa itu
TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini siswa jadi banyak tahu mengenai
bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan
LAN maupun yang lainnya
PELUANG TKJ DALAM BEKERJA
Dari segi peluang kerja setelah lulus sangat banyak
peluangnya. Mulai dari menjadi teknisi komputer, teknisi jaringan, membuka toko
komputer, atau bisa juga membuka warnet sendiri
Ø
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa
Inggris: Software Engineering atau SE)
Adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara Pengembangan
perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi
pengembanganan perangkat lunak danmanajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat
lunak sebagai penerapan suatu pendekatan
yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi
atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi
atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas
perangkat lunak. Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu
sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan
prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih
efisien dan efektif untuk pengguna.
Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa
perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan
penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)
Ø
Mekatronika (Jerman: Mechatronik; Inggris:
Mechatronic)
Berasal dari kata mekanika, elektronika dan informatika.
Bagan Mekatronika:Diagram sedehana pembentukan ilmu mekatronika. Terdiri atas
dua lapisan fisika dan logika. dan tiga dasar ilmu utama elektronika,
informatika dan mekanika. Dengan melihat asal katanya dapat dengan mudah dipahami, bahwa ilmu ini menggabungkan
atau mensinergikan disiplin ilmu
Mekanika, ilmu Elektronika dan Informatika
Istilah Mechatronik (Mechanical Engineering-Electronic
Engineering) pertama kali dikenalkan
pada tahun 1969 oleh perusahaan jepang Yaskawa Electric Cooperation. Awalnya berkembang dalam bidang
Feinwerktechnik, yaitu cabang dari teknik yang mengedepankan aspek ketelitian.
Misalnya pada pembuatan jam, alat optik dan sebagainya. Lalu ditambahkan
setelah munculnya Informatik sebagai disiplin ilmu baru.
Hingga saat ini dipandang sebagai hubungan antara ilmu
Mekanik, Elektronik dan Informatik. Dalam masa yang akan datang, aplikasi
mekatronika akan digunakan hampir disemua bidang, seperti Otomotif,
Pemutar CD, Stasiun luar angkasa atau pada fasilitas
produksi.
Mekatronika dikategorikan oleh Majalah Technology Review
pada tahun 2003 sebagai 10 Teknologi
yang dalam waktu dekat dapat mengubah hidup kita!
SMK PGRI 3 Malang adalah sekolah
kejuruan PGRI terbesar di Jawa Timur, SNI, dan berstandar Internasional dengan
motto "SUCCESS BY DISCIPLINE" segala unsur pendidikan yang ada
berusaha menjadikan kelas-kelas yang ada di SMK PGRI 3 Malang sebagai kelas
perusahaan dengan harapan lulusan bisa terserap sebanyak-banyaknya di industri.
Sekolah ini beralamat di Jl. Raya Tlogomas IX/09 Malang. Dan Dalam rangka
memantapkan eksistensi dan kepercayaan masyarakat Malang Raya khususnya dan
masyarakat Indonesia pada umumnya, sejak tahun 2006 SMK PGRI 3 Malang telah
menorehkan Tinta Emas kembali dengan dinyatakan sebagai sekolah "BESAR
& NASIONAL " untuk bisa berkiprah di tingkat Nasional dengan predikat
Sekolah Nasional, yang selanjutnya akan di tindak lanjuti dengan kiprah di
tingkat Internasional melalui Sertifikat ISO 9001:2000 dan SSI.
Bidang Keahlian
SMK PGRI 03 adalah salah satu lembaga pendidikan teknologi
di kota Malang yang mengemban fungsi khusus untuk menyelenggarakan pendidikan
secara profesional dalam sejumlah bidang teknologi terapan dengan mengutamakan
life skills yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja pada Dunia Usaha atau
Dunia Industri saat ini. Sebagai salah satu sekolah di Kota Malang yang memiliki
prospek kedepan, SMK PGRI 3 memilih beberapa program keahlian yang up to date,
diantaranya :
Ø
Bidang Keahlian Elektronika dan TIK
Teknologi Elektronika Industri adalah program yang khusus
memberikan keahlian untuk maintenance and repair, pembuatan dan perakitan
alat-alat elektronika industri rumah tangga selain itu siswa/i juga mendapatkan
keahlian untuk teknologi instrumentasi dan pengendalian (kontrol) seperti
Programable Logic Controller dan elektronika pneumatik. Keahlian Teknologi
Informatika Komersial khusus memberikan keahlian untuk maintenance and repair
soft ware (RPL) dan hard ware (TKJ) komputer, keahlian sistem operasional
komputer jaringan (LAN, MAN, WAN) dan multimedia, desain grafis, periklanan.
Program Keahlian :
1.
Multimedia
2.
Rekayasa Perangkat Lunak
3.
Teknik Komputer dan Jaringan (Mikrotik Class)
4.
Teknik Listrik Pembangkit (PJB Class)
5.
Teknik Instrumen Pembangkit (PJB Class)
6.
Teknik Mekanik Pembangkit (PJB Class)
Ø
Bidang Keahlian Teknik Mesin
Program yang mempelajari agar bisa mengoperasikan mesin
Frais, Bubut, Bor, Gerinda dan Asah Pahat sehingga mampu membuat komponen atau
peralatan dengan mesin pekakas seperti pembuatan ulir luar dalam, poros tirus,
roda gigim sliding dan lain sebagainya. Program Keahlian :
1.
Manajemen Niaga (Alfamart Class)
2.
Teknik Pengelasan (Kontruksi)
3.
Teknik Pemesinan (Palindo)
4.
Bidang Keahlian Teknik Otomotif
Ø
Bidang otomotif di sini meliputi bidang engine,
sistem pemindahan tenaga, sistem penerangan, body otomotif dan kelistrikan
bodi. Bidang otomotif di bagi menjadi program keahlian mekanik otomotif dan
program keahlian bodi otomotif. Program Keahlian :
1.
Suzuki Class
2.
Teknik Mekanik Otomotif Mobil
3.
Teknik Mekanik Otomotif Sepeda Motor
4.
Teknik Otomotif Body Mobil
BAB
III
PENUTUP
Dalam bab penutup
ini penulis akan menguraikan tentang (1) simpulan dan (2) saran
1.5 Simpulan
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1. Pendidikan
sangat besar maknanya bagi seseorang yang sedang mencari ilmu, terutama
pendidikan formal yang dijalani di sekolah. Pendidikan formal sangat penting
karena dianggap dapat menunjang kehidupan di masa depan.
2. Belajar
merupakan proses penting yang dilakukan dalam menjalani pendidikan, karena
dengan belajar seseorang dpat memahami dan memperdalam ilmu yang telah
didapatkan.
3.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara bersamaan saat
proses belajar oleh seseorang menunjukan cara belajar seseorang. Dan cara
seseorang belajar kebanyakan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya,
karena kebutuhan dan kebiasaan setiap orang tidaklah selalu sama.
1.6Saran
Berdasarkan hasil
penelitian yang penulis lakukan dan dari hasil kesimpulan yang telah diperoleh,
beberapa saran yang penulis sampaikan, antara lain:
Setiap orang khususnya siswa yang sedang
menjalani proses pendidikan di sekolah untuk lebih serius lagi dalam menjalani
proses pendidikan, karena pendidikan dapat menunjang kehidupan yang akan
dihadapi di masa yang akan datang.
0 komentar:
Posting Komentar