Minggu, 08 November 2015

Diposting oleh Irma Dyah A. di 02.54
LAPORAN KEGIATAN OBSERVASI DI 3 SMKN KOTA
MALANG (SMKN 4 MALANG, SMKN 8 MALANG, SMK PGRI
 3 MALANG).



Di susun oleh :

1.      IRMA DYAH ALFIANTI (01)

2.      IRMA NUR HIDAYAH (02)

3.      M. DJALER ARJRA ZHAKRAL (23)

4.      NOVAL MAULANA RAHMADI (31)
                                             

                                             
KATA PENGANTAR



Assalamualaikum wr.wb.

            Segala puji bagi Allah. Semoga rahmat tercurahkan pada kita semua sebagai hamba –
 hamba nya yang bertaqwa.
            Penyusunan laporan observasi ini berisi tentang pengamatan disetiap sekolah terutama di
 SMKN 4 MALANG , SMKN 8 MALANG , dan SMK PGRI 3 MALANG . karena kita telah
 diberi amanah untuk mengamati sekolah tersebut.
            Penyusunan ini tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan berbagai pihak. Oleh
 karena itu dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar besar
 nya kepada Bapak Ricky Setya Prayoga, S.Pd , selaku wali kelas X-TKJ3 , selanjutnya ucapan
 terima kasih kepada sekolah yang telah bersedia kami kunjungi dan kedua orang tua penulisan
 yang telah memberikan dukungan secara finansial dan moral selama penulisan laporan
 observasi.
Tak lupa teman – teman yang memberikan semangat, inspirasi , dan motivasi serta semua
 pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu. Penulis menyadari bahwa laporan
observasi ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu dengan segala kekurangan dan
keterbatasan yang ada , penulis mengharapkan saran serta kritik yang membangun untuk
perbaikan dan bekal penulis diwaktu mendatang.


Wassalamualaikum wr.wb.




DAFTAR ISI




Kata Pengantar……………………………………………………………………………….2
Daftar isi……………………………………………………………………………………...3
Bab I Pendahuluan…………………………………………………………………………..4
1.1  Latar Belakang…………………………………………………………………………..4
1.2  Tujuan Kunjungan………………………………………………………………………5
1.3  Manfaat Kunjungan……………………………………………………………………..6
1.4  Lokasi kunjungan……………………………………………………………………….6
Bab II Pembahasan………………………………………………………………………….7
Bab III Penutup……………………………………………………………………………..13
1.5  Simpulan…………………………………………………………………………………13
1.6  Saran……………………………………………………………………………………..13













BAB I
PENDAHULUAN

            Dalam bab pendahuluan ini, penulis akan menguraikan tentang (1) latar belakang
masalah (2) tujuan kunjungan (3) manfaat kunjungan, serta (4) lokasi kunjungan.

1.1  Latar Belakang

Pemerintah menciptakan kebijaksanaan dalam pendidikan sebagai sarana pengembangan bangsa, meliputi kemanusiaan dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan bangsa dan negara di masa yang akan datang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan segenap potensi yang dimiliki siswa sehingga benar-benar selaras dengan program pembangunan nasional dalam rangka mencapai tujuan nasional. Pendidikan nasional akan ditingkatkan menuju pengembangan kualitas dan kesepadanan kompetensi dasar dan kejuruan dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan di bidang pendidikan sekaligus mengantisipasi ketidakmampuan menjawab tantangan zaman.
Sebagai salah satu wahana yang dijadikan penyiap tenaga terampil adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lembaga pendidikan yang mencetak tenaga terampil untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja dengan pemenuhan kompetensi diberbagai pengembangan. Dalam hal ini Karier menjadi orientasi utama sebagian besar siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Untuk merencanakan kehidupan karier lebih baik, diperlukan suatu bimbingan yang memberikan bekal cukup kepada siswa. Bimbingan karier sebagai jembatan bagi siswa dalam mengetahui informasi karier yang ingin ditekuni oleh siswa agar siswa mandiri dalam memilih karier yang sesuai dengan kondisi diri siswa. Hal ini penting, mengingat kehidupan karier merupakan kehidupan yang akan dijalani siswa setelah lulus. Agar masa depan karier yang akan dijalani memberikan hasil yang memuaskan.
Menurut Suharsimi Arikunto (1998:55) bahwa melalui bimbingan karier di SMK diharapkan siswa mampu untuk memahami dirinya, tingkat kemampuannya serta mampu mengetahui gambaran yang lengkap tentang karakteristik kariernya. Dengan adanya bimbingan karier disekolah, diharapkan dapat menumbuhkan profsionalisme dalam menghadapi dunia kerja dan kemandirian siswa dalam memilih karier yang akan dijalaninya nanti berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Menurut Prayitno, (1997:45) hakekat bimbingan karier kejuruan pada kurikulum SMK memberi tekanan utama pada penyiapan siswa untuk berkarier dan memasuki dunia kerja, disamping tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Begitu pentingnya bimbingan karier di Sekolah Menengah Kejuruan dalam menciptakan kemandirian siswa dalam memilih karier dan berkarier, serta dapat memberikan gambaran dan harapan yang akan dicapai oleh siswa dimasa yang akan datang didunia kariernya, sehingga diharapkan lulusan SMK yang siap kerja dan memiliki sikap kemandirian dapat diandalkan mampu untuk menghadapi persaingan era globalisasi dan tantangan masa depan karier. Dengan kondisi yang demikianlah diharapkan pelaksanaan Bimbingan Karier di SMK dapat terus terlaksana dan semakin ditingkatkan dari tahun ajaran ketahun ajaran, agar dapat berfungasi secara efektif dan efisien.
Berdasarkan keterangan diatas terlihat bahwa upaya pemberian bimbingan karier disekolah sangat penting sehingga dengan alasan inilah, peneliti melakukan beberapa penelitian atau obervasi kebeberapa SMK guna mengetahui pelaksanaan bimbingan karier.

1.2  Tujuan Kunjungan.

1.      Untuk mengetahui bagaimana pola pelaksanaan bimbingan karier di beberapa SMK yang telah diteliti
2.      Untuk mengetahui materi apa saja yang diberikan, metode apa yang digunakan serta kapan waktu pelaksanaan bimbingan karier di beberapa SMK yang telah diteliti
3.      Untuk mengetahui besarnya pengaruh bimbingan karier terhadap persiapan diri siswa dalam memasuki dunia kerja, disamping tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
4.      Untuk mengetahui perbandingan pemberian dan pelaksanaan bimbingan karier di SMK  dengan teori karier menurut beberapa tokoh
5.      Untuk mengetahui masalah-masalah apa saja yang timbul dalam pemberian dan pelaksanaan bimbingan karier di beberapa SMK yang telah diteliti

1.3  Manfaat Kunjungan

Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

1.      Manfaat Praktis
•  Bagi sekolah yang bersangkutan, agar dipakai sebagai umpan balik (feed back) atas pelaksanaan bimbingan karier saat ini dan dapat lebih tertarik untuk memanfaatkan bimbingan karier yang diberikan secara optimal.
•  Bagi sekolah yang belum melaksanakan, akan tertarik untuk menyelenggarakan bimbingan karier tersebut.
2.      Manfaat Teoritis
•  Bagi peneliti dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam melakukan penelitian-penelitian selanjutnya.

1.4  Lokasi Kunjungan

A.    SMKN 4 MALANG
SMK Negeri 4 Malang adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang ada di Malang yang beralamat di Jl. Tanimbar 22 Malang.

B.     SMKN 8 MALANG
Sekolah tersebut beralamat di Jl. Teluk Pacitan Arjosari Blimbing


C.     SMKN PGRI 03 MALANG
Sekolah ini beralamat di Jl. Raya Tlogomas IX/09 Malang.















BAB II
PEMBAHASAN

SMK Negeri 4 Malang adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang ada di Malang yang beralamat di Jl. Tanimbar 22 Malang. Sekolah ini mempunyai 6 jurusan, yaitu Produksi Grafika, Persiapan Grafika, Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Animasi, dan TKJ. Jumlah siswa di sekolah ini sekitar 3300 siswa dengan rincian setiap tingkatan kelas terdiri dari 1100 siswa.
Adapun progam keahlian yang dimiliki SMK Negeri 4 Malang ini , yaitu :
Ø  Persiapan Grafika
Program Keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi terampil di bidang desain dan proses persiapan reproduksi Grafika (media cetak). Siswa dibekali kemampuan dasar seni dan desain, penguasaan software desain grafis penguasaan setting dan tata letak media, penguasaan proses foto reproduksi.

Ø  Produksi Grafika
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi terampil di bidang teknik produksi grafika (percetakan) mencakup penguasaan berbagai jenis mesin dalam industri percetakan. Siswa dibekali ketrampilan berbagai teknik cetak (offset, sablon,tinggi/khusus) pemahaman cara kerja mesin,praktik operasional mesin, perawatan dan pemeliharaan mesin, teknik jilid kemas, dan kalkulasi biaya produksi.

Ø  Multimedia
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi terampil di bidang desain dan penguasaan teknologi infor masi multimedia. Siswa dibekali kemampuan dasar seni dan desain,penguasaan software deasin grafis dan multimedia (2D dan 3D),desain web, dan media interaktif, fotografi, editing audiovisual.


Ø  Rekayasa Perangkat Lunak
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga terampil di bidang pemograman software. Siswa di bekali kemampuan dasar instalasi hardware dan software komputer, penguasaan bahasa pemograman(Java, Delphi, Pascal, C++, Basic, PHP dsb), dan pengolahan data base(Microsoft Acces, MySQL, dsb).

Ø  Animasi
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga terampil di bidang produksi animasi. Siswa dibekali kemampuan seni dan desain, kemampuan menggambar manual/digital, penguasaan software aniamsi, penguasaan teknik animasi 2D dan 3D, dan spesial efek, fotografi,sinematografi, dan produksi film animasi.

Ø  Teknik Komputer dan Jaringan
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga profesional di bidang perangkat keras komputer dan jaringan. Kemampuan yang dimiliki siswa dalam program keahlian ini meliputi elektronika digital dasar, instalasi sistem operasi berbasis GUI dan Text (Open Source dan Propietary), Setting LAN, WAN, Serta merancang berbagai jenis Server.










SMK NEGERI 8 MALANG Terletak di lokasi strategis, di antara perumahan elit kota Araya dan kampus teknologi ternama PPPPTK/VEDC. SMKN 8 Malang hadir memberi kesejukan di tengah hausnya masyarakat Kota Malang akan pendidikan vokasi yang berkualitas.
Berdiri pada tahun 2005 dan ketika itu masih menempati  kampus VEDC, sebelumnya hanya memiliki 2 kompetensi  keahlian  unggulan yaitu  Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan teknik Mekatronika (satu-satunya di Malang Raya). Pada tahun ajaran 2013/2014, telah dibuka satu kompetensi keahlian lagi yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), yang semakin menguatkan sekolah ini menjadi salah satu smk bidang teknik terkemuka di Kota Malang. Lulusan SMKN 8 Malang dibekali dengan sertifikasi dari CISCO Academy (USA) untuk kompetensi keahlian TKJ, FESTO DIDACTIC (Jerman) untuk kompetensi keahlian teknik Mekatronika, dan JENI (Pemrograman Java) untuk kompetensi keahlian RPL. Selain itu, juga diberikan sertifikasi kewirausahaan, TOEFL, dan untuk semua kompetensi. Sertifikasi ini sangat berguna untuk menguatkan kompetensi lulusan dalam dunia kerja maupun dalam pendidikan tinggi.
                Adapun progam keahlian yang dimiliki SMK Negeri 8 Malang ini , yaitu :
Ø  TKJ
Adalah singkatan dari Teknik Komputer Jaringan.TKJ merupakan sebuah kejurusan yang mempelajari tentang cara-cara merakit komputer dan menginstalasi program komputer.Kejurusan ini hanya ada di STM/SMK.Program keahlian TKJ berbeda dengan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak).RPL adalah jurusan yang mempalajari tentang program-program yang ada di komputer dan jika kita mengambil jurusan ini kita akan menjadi seorang programmer.
Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar. banyak siswa yang awalnya tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini siswa jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi  Jaringan LAN maupun yang lainnya
PELUANG TKJ DALAM BEKERJA
Dari segi peluang kerja setelah lulus sangat banyak peluangnya. Mulai dari menjadi teknisi komputer, teknisi jaringan, membuka toko komputer, atau bisa juga membuka warnet sendiri

Ø  Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE)
Adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara Pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak danmanajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai  penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi  atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak. Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)

Ø  Mekatronika (Jerman: Mechatronik; Inggris: Mechatronic)
Berasal dari kata mekanika, elektronika dan informatika. Bagan Mekatronika:Diagram sedehana pembentukan ilmu mekatronika. Terdiri atas dua lapisan fisika dan logika. dan tiga dasar ilmu utama elektronika, informatika dan mekanika. Dengan melihat asal katanya dapat dengan  mudah dipahami, bahwa ilmu ini menggabungkan atau mensinergikan  disiplin ilmu Mekanika, ilmu Elektronika dan Informatika
Istilah Mechatronik (Mechanical Engineering-Electronic Engineering) pertama kali  dikenalkan pada tahun 1969 oleh perusahaan jepang Yaskawa Electric Cooperation.  Awalnya berkembang dalam bidang Feinwerktechnik, yaitu cabang dari teknik yang mengedepankan aspek ketelitian. Misalnya pada pembuatan jam, alat optik dan sebagainya. Lalu ditambahkan setelah munculnya Informatik sebagai disiplin ilmu baru.
Hingga saat ini dipandang sebagai hubungan antara ilmu Mekanik, Elektronik  dan  Informatik. Dalam masa yang akan datang, aplikasi mekatronika akan digunakan hampir disemua bidang, seperti Otomotif,
Pemutar CD, Stasiun luar angkasa atau pada fasilitas produksi.
Mekatronika dikategorikan oleh Majalah Technology Review pada tahun 2003 sebagai  10 Teknologi yang dalam waktu dekat dapat mengubah hidup kita!



SMK PGRI 3 Malang adalah sekolah kejuruan PGRI terbesar di Jawa Timur, SNI, dan berstandar Internasional dengan motto "SUCCESS BY DISCIPLINE" segala unsur pendidikan yang ada berusaha menjadikan kelas-kelas yang ada di SMK PGRI 3 Malang sebagai kelas perusahaan dengan harapan lulusan bisa terserap sebanyak-banyaknya di industri. Sekolah ini beralamat di Jl. Raya Tlogomas IX/09 Malang. Dan Dalam rangka memantapkan eksistensi dan kepercayaan masyarakat Malang Raya khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, sejak tahun 2006 SMK PGRI 3 Malang telah menorehkan Tinta Emas kembali dengan dinyatakan sebagai sekolah "BESAR & NASIONAL " untuk bisa berkiprah di tingkat Nasional dengan predikat Sekolah Nasional, yang selanjutnya akan di tindak lanjuti dengan kiprah di tingkat Internasional melalui Sertifikat ISO 9001:2000 dan SSI.
Bidang Keahlian
SMK PGRI 03 adalah salah satu lembaga pendidikan teknologi di kota Malang yang mengemban fungsi khusus untuk menyelenggarakan pendidikan secara profesional dalam sejumlah bidang teknologi terapan dengan mengutamakan life skills yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja pada Dunia Usaha atau Dunia Industri saat ini. Sebagai salah satu sekolah di Kota Malang yang memiliki prospek kedepan, SMK PGRI 3 memilih beberapa program keahlian yang up to date, diantaranya :

Ø  Bidang Keahlian Elektronika dan TIK
Teknologi Elektronika Industri adalah program yang khusus memberikan keahlian untuk maintenance and repair, pembuatan dan perakitan alat-alat elektronika industri rumah tangga selain itu siswa/i juga mendapatkan keahlian untuk teknologi instrumentasi dan pengendalian (kontrol) seperti Programable Logic Controller dan elektronika pneumatik. Keahlian Teknologi Informatika Komersial khusus memberikan keahlian untuk maintenance and repair soft ware (RPL) dan hard ware (TKJ) komputer, keahlian sistem operasional komputer jaringan (LAN, MAN, WAN) dan multimedia, desain grafis, periklanan. Program Keahlian :

1.       Multimedia
2.       Rekayasa Perangkat Lunak
3.       Teknik Komputer dan Jaringan (Mikrotik Class)
4.       Teknik Listrik Pembangkit (PJB Class)
5.       Teknik Instrumen Pembangkit (PJB Class)
6.       Teknik Mekanik Pembangkit (PJB Class)
Ø  Bidang Keahlian Teknik Mesin
Program yang mempelajari agar bisa mengoperasikan mesin Frais, Bubut, Bor, Gerinda dan Asah Pahat sehingga mampu membuat komponen atau peralatan dengan mesin pekakas seperti pembuatan ulir luar dalam, poros tirus, roda gigim sliding dan lain sebagainya. Program Keahlian :

1.       Manajemen Niaga (Alfamart Class)
2.       Teknik Pengelasan (Kontruksi)
3.       Teknik Pemesinan (Palindo)
4.       Bidang Keahlian Teknik Otomotif

Ø  Bidang otomotif di sini meliputi bidang engine, sistem pemindahan tenaga, sistem penerangan, body otomotif dan kelistrikan bodi. Bidang otomotif di bagi menjadi program keahlian mekanik otomotif dan program keahlian bodi otomotif. Program Keahlian :

1.       Suzuki Class
2.       Teknik Mekanik Otomotif Mobil
3.       Teknik Mekanik Otomotif Sepeda Motor
4.       Teknik Otomotif Body Mobil















BAB III
PENUTUP

Dalam bab penutup ini penulis akan menguraikan tentang (1) simpulan dan (2) saran
1.5 Simpulan
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.   Pendidikan sangat besar maknanya bagi seseorang yang sedang mencari ilmu, terutama pendidikan formal yang dijalani di sekolah. Pendidikan formal sangat penting karena dianggap dapat menunjang kehidupan di masa depan.
2.   Belajar merupakan proses penting yang dilakukan dalam menjalani pendidikan, karena dengan belajar seseorang dpat memahami dan memperdalam ilmu yang telah didapatkan.
3.  Kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara bersamaan saat proses belajar oleh seseorang menunjukan cara belajar seseorang. Dan cara seseorang belajar kebanyakan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, karena kebutuhan dan kebiasaan setiap orang tidaklah selalu sama.


1.6Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dan dari hasil kesimpulan yang telah diperoleh, beberapa saran yang penulis sampaikan, antara lain:
*      Setiap orang khususnya siswa yang sedang menjalani proses pendidikan di sekolah untuk lebih serius lagi dalam menjalani proses pendidikan, karena pendidikan dapat menunjang kehidupan yang akan dihadapi di masa yang akan datang.


0 komentar:

Posting Komentar

Translate

 

Welcome To My Blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review